Thursday 14 March 2013

Instalasi MikroTik Router OS

Pada postingan sebelumnya, salah satu cara untuk mendapatkan Instalasi Router MikroTik adalah membuatnya dengan sebuah Personal Computer (PC) biasa. Namun perlu diperhatikan bahwa computer yang akan Anda gunakan harus memiliki minimal dua interface jaringan. Umumnya motherboard computer hanya memiliki sebuah interface jaringan onboard. Anda harus menambahkan paling tidak sebuah kartu jaringan lagi ( LAN Card ) untuk membangun Router MikroTik.
Jika sudah mempersiapkan hardware computer, maka Anda dihadapkan oleh dua pilihan lagi, yaitu :
  • Menggunakan Disk on Module
  • Melakukan instalasi RouterOS pada harddisk biasa.
Jika ingin menggunakan Disk On Module ( DOM ) , maka Anda tidak perlu repot-repot. Anda tinggal membeli DOM tersebut yang didalamnya sudah terinstall sistem operasi MikroTik RouterOS dan langsung memasangnya pada motherboard komputer. Anda dapat melihat-lihat contoh DOM yang dijual disitus www.mikrotik.co.id atau situs toko online lainnya. Contoh DOM terlihat pada gambar berikut :

Sedangkan Jika anda memilih untuk menginstall MikroTikRouterOS pada harddisk biasa, maka terlebih dahulu Anda harus mendownload ISO dari RouterOS. Setelah Anda mendownload file ISO tersebut, burn-lan file tersebut kedalam sebuah CD dan lakukanlah instalasi seperti saat anda melakukan prosedur instalasi sistem operasi pada umumnya. Adapun langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan CD Instalasi MikroTik RouterOS ke dalam CD/DVD ROM.
  2. Pastikan urutan boot pertama PC Anda adalah CD/DVD ROM.
  3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut yang akan menanyakan fitur-fitur apa yang akan disertakan pada router Anda.

  4. Tekan tombol “a” pada keyboard Anda untuk memilih semua paket instalasi, kemudian tekan tombol “i” untuk melakukan instalasi.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengikuti perintah-perintah instalasi yang meminta Anda untuk memformat hardisk. Setelah itu instalasi akan dimulai seperti pada gambar dibawah ini :

  6. Setelah itu PC Anda akan direboot, keluarkan CD instalasi MikroTik RouterOS dan proses instalasi telah selesai
  7. Untuk login kedalam Router MikroTik, gunakan Usernama : admin dengan tidak memasukkan password ( no password )
Sekian dari proses menginstalasi MikroTik RouterOS , Semoga dapat mudah di pahami :D
k

Bagikan

Jangan lewatkan

Instalasi MikroTik Router OS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Be Smart ^_^